Selasa, 11 Februari 2014

KARBOHIDRAT

Hai kawan,, lama tak memuat entrii niih, kali ini saya akan berbagi makalah dari saya tentang karbohidrat , okee chekidott :D mari kita lihat yang dibwah ini ..




DEFINISI
Karbohidrat adalah zat yang berfungsi sebagai sumber kalori utama bagi hampir seluruh penduduk di dunia. Karbohidrat merupakan sumber terbesar bagi tubuh, walaupun lemak menghasilkan energi lebih besar, karena sekitar 50%-80% tenaga tubuh di peroleh dari hasil pembakaran karbohidrat, dimana setiap gramnya menghasilkan 4,1 kalori.

FUNGSI KARBOHIDRAT
1.   Sumber Energi Tubuh
Keberadaan karbohidrat di dalam tubuh, sebagian ada pada sirkulasi darah sebagai glukosa untuk keperluan energi, sebagian terdapat pada hati dan jaringan otot sebagai glikogen, dan sebagian lagi sisanya diubah menjadi lemak untuk kemudian disimpan sebagai cadangan energi di dalam jaringan lemak.

2.   Cadangan Energi
Karbohidrat juga berfungsi sebagai cadangan energi bagi tubuh, terutama jenis polisakarida. Polisakarida dalam tumbuhan disebut pati. Sementara hewan dan manusia menimbun cadangan poliskarida ini sebagai glikogen yang disimpan dalam sel otot dan hati.

3.   Membantu Sistem Pencernaan
Karbohidrat dapat membantu proses pencernaan (pengeluaran feses) dengan cara mengatur peristaltik usus, hal ini dapat didapat dari selulosa dalam serat makanan yang berfungsi mengatur peristaltic usus. Serat pada makanan dapat membantu mencegah kegemukan, kanker usus besar, diabetes mellitus, dan jantung koroner yang berkaitan dengan kolesterol tinggi. Karbohidrat jenis laktosa yng terdapat pada susu dapat membantu penyerapan kalsium. Keberadaanya yang tinggal lebih lama dalam saluran cerna memberikan keuntungan karena menyebabkan pertumbuhan bakteri baik. (sumber : kesehatan.gen22.net)

4.   Menghemat Protein
Ketika kebutuhan karbohidrat harian tidak terpenuhi, maka protein akan digunakan sebagai cadangan makanan untuk memenuhi kebutuhan energi dan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Hal ini berlaku sebaliknya, bila kebutuhan karbohidrat terpenuhi, maka protein hanya akan menjalankan fungsi utamanya sebagai zat pembangun tubuh. (sumber : kesehatan.gen22.net)

5.   Mengatur Metabolisme Lemak
Fungsi karbohidrat lainnya, yaitu mencegah terjadinya oksidasi lemak yang tidak sempurna, sehingga menghasilkan bahan-bahan keton berupa asam asetoasetat, aseton, dan asam beta-hidroksi-butirat. Bahan-bahan ini dibentuk menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan dehidrasi. pH cairan menurun. Keadaan ini menimbulkan ketosis atau asidosis yang dapat merugikan tubuh.
(sumber : kesehatan.gen22.net)

6.   Karbohidrat Sebagai Pemanis Alami
Karbohidrat juga berfungsi sebagai pemberi rasa manis pada makanan, khususnya monosakarida dan disakarida. Gula tidak mempunyai rasa manis yang sama, dan Fruktosa adalah jenis gula yang paling manis.

http://manfaatnyasehat.blogspot.com
JENIS-JENIS KARBOHIDRAT
1.    Monosakarida
Monosakarida biasa dikenal dengan heksosa, karena terdiri atas 6 cincin karbon.Ada tiga jenis heksosa yang dikenal dalam ilmu gizi, yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Ketiganya memiliki jenis dan jumlah atom yang sama. Perbedaannya adalah terletak pada cara penyusunan atomnya. Perbedaan inilah yang menyebabkan adanya perbedaan dalam tingkat kemanisan dan daya larutnya. Berikut ini yang termasuk ke dalam jenis karbohidrat monosakarida :
a.    Glukosa
Glukosa dinamakan juga dekstrosa.Glukosa di alam terdapat dalam sayur, buah, sirup jagung, sari pohon, dan dengan fruktosa berada dalam madu.Glukosa dapat digunakan untuk diet tinggi energi.
b.    Fruktosa
Fruktosa atau levulosa, adalah gula paling manis. Fruktosa terdapat pada madu, buah, nektar bunga, dan juga sayur.Sepertiga dari gula madu terdiri atas fruktosa.Fruktosa juga banyak terkandung dalam sirup jagung yang banyak digunakan dalam proses pembuatan minuman ringan yang banyak dijual.
c.    Galaktosa
Tidak seperti glukosa dan fruktosa yang dapat dengan mudah dijumpai secara bebas di alam, galaktosa dapat ditemukan didalam tubuh sebagai hasil pencernaan dari laktosa.
2.    Disakarida
Dalam disakarida dikenal ada empat jenis, yaitu sukrosa atau sakarosa, maltosa, laktosa, dan trehalosa.
a.    Sukrosa atau sakarosa
Sukrosa atau sakarosa dikenal juga dengan nama gula tebu atau gula bit. Gula pasir yang mengandung 99% sukrosa dibuat dari kedua macam bahan makanan tersebut melalui proses penyulingan dan kristalisasi. Sukrosa dapat juga ditemukan dalam buah, sayuran, dan madu.
b.    Maltosa
Maltosa terbuntuk dalam setiap pemecahan pati, seperti yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan berkecambah, sedangkan didalam usus manusia terjadi pada saat pencernaan pati.Maltosa pecah menjadi dua unit glukosa.
c.    Laktosa
Laktosa (gula susu) hanya terdapat pada susu dan terdiri atas satu unit glukosa dan galaktosa. Laktosa adalah gula yang memiliki rasa paling tidak manis dan sangat susah untuk larut dibanding sakarida lainnya.
d.    Trehalosa
Trehalosa dikenal sebagai gula jamur karena sebanyak 15% bagian kering dari jamur terdiri atas trehalosa, terdapat pula dalam serangga.


3.    Oligosakarida
            Oligosakarida terdiri atas dua hingga sepuluh polimer monosakarida.Oligosakarida dapat dijumpai pada biji tumbuh-tumbuhan dan kacang-kacangan.

4.    Polisakarida
Polisakarida adalah golongan karbohidrat kompleks yang merupakan polimer dari molekul-molekul monosakarida yang sangat banyak yang membentuk rantai panjang lurus atau bercabang dan dapat dihidrolisis menjadi karbohidrat yang lebih sederhana seperti oligosakarida. Contoh Polisakarida adalah pati, glikogen, selulosa, hemiselulosa, lignin, pektin, dll
http://adihadiana.blogspot.com


PROSES PENCERNAAN KARBOHIDRAT

Karbohidrat yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, tentunya tidak begitu saja secara langsung diserap oleh tubuh melalui dinding usus untuk selanjutnya masuk ke peredaran darah, melainkan harus dipecah dahulu menjadi persenyawaaan yang lebih sederhana, dan hal tersebut melalui suatau proses yang disebut daaengan proses pencernaan karbohidrat.
Dalam proses pemecahan karbohidrat polisakarida terlebih dahulu dipecah menjadi disakarida lalu menjadi monosakarida, baru kemudian diserap oleh dinding usus. Dari dinding usus, monosakarida tersebut dikumpulkan di dalam hati, diubah menjadi glukosa dan glikogen yang kemudian pada waktunya dipergunakan untuk :
v  Dibakar dalam jaringan, kelebihannya disimpan dalam bentuk glikogen dalam otot.
v  Diubah mejadi lemak dan disimpan dibawah kulit sebagai cadangan sumber tenaga.
v  Diubah menjadi laktosa sebagai bahan pembentuk ASI pada ibu menyusui.

Perubahan glukosa menjadi glikogen dan sebaliknya dipengaruhi oleh hormone insulin dan adrenalin, dua macam hormon yang juga berperan mengatur, sehingga kadar glukosa dalam darah secara relative konstan ± 70-120 mg.

SUMBER KARBOHIDRAT
Banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat, diantaranya berikut ini :
Ø  Padi-padian, seperti :
§  Beras
§  Gandum
§  Jagung
§  Dll.
Ø  Umbi-umbian, seperti :
§  Singkong
§  Kentang
§  Talas
§  Dll.
Ø  Kacang-kacangan, seperti :
§  Kacang merah
§  Kacang tanah
§  Kedelai
§  Dll.
Ø  Lain-lain, seperti :
§  Gula
§  Madu

Sumber karbohidrat yang kita pergunakan sebenarnya adalah simpanan tenaga dari tumbuh-tumbuhan yang telah membetuknya dari CO2 dan H2O dengan bantuan sinar matahari dalam proses assimilasi (fotosintesis).

PENYAKIT AKIBAT KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KARBOHIDRAT
            Kelebihan karbohidrat :
§  Obesitas
o   Gejala :
-        Sulit tidur
-        Mendengkur
-        Henti napas untuk sementara secara tiba-tiba saat tidur
-        Nyeri punggung atau sendi
-        Berkeringat secara berlebihan
-        Selalu merasa panas
-        Ruam atau infeksi pada lipatan kulit
-        Sulit bernapas
-        Sering ngantuk dan lelah
-        Depresi
§  Diabetes mellitus
o   Gejala :
-        Rasa haus yang berlebih,
-        Buang air kecil lebih sering (frekuensi terbangun dari tidur untuk berkemih saat malam hari menjadi lebih sering dari biasanya),
-        Banyak makan,
-        Penurunan berat badan tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.
http://diabetesmelitus.org
§  Jantung coroner
o   Gejala :
-        Ketidak nyamanan pada dada
-        Merasa cepat lelah

http://obatgejalajantungkoroner.wordpress.com/

Kekurangan Karbohidrat :
§  Gula darah menurun
o   Gejala :
-        pandangan tidak jelas/kabur
-        sering merasa mual
-        kedinginan/menggigil
-        sakit di kepala
-        berkeringat dingin
-        cepat merasa lapar
-        bingung dan mudah cemas sera detak jantung yang cenderung berdebar-debar

§  Untuk balita rentan terserang penyakit marasmus/busung lapar
o   Gejala :
-        Tampak sangat kurus, hingga tulang terbungkus kulit
-        Wajah seperti orang tua
-        Cengeng, rewel
-        Kulit keriput,
-        Iga gambang
-        Sering disertai: penyakit infeksi (umumnya kronis berulang),
-        Diare
DAFTAR PUSTAKA

-        Sarudji, D., et al. 2001. Ilmu kesehatan Masyarakat, Jakarta: DEPARTEMEN KESEHATAN RI
-        kesehatan.gen22.net
-        http://dinkes.sumbarprov.go.id/berita-99-sumber-karbohidrat-dan-fungsi-karbohidrat-bagi-tubuh.html
-        http://adihadiana.blogspot.com
-        http://diabetesmelitus.org
-        http://obatgejalajantungkoroner.wordpress.com/
-        http://www.sehatkan.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar